Kesehatan

Lemak Yang “Dibutuhkan” Oleh Tubuh

KESEHATAN – JARRAKPOSSULAWESI.COM – Selama ini, lemak dianggap jahat dan berbahaya bagi kesehatan. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh, terutama lemak baik. Selain sebagai sumber energi, lemak dapat membantu penyerapan berbagai vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D,E, dan K.

Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam makanan yang mengandung lemak baik secara rutin, khususnya yang mengandung omega-3 dan omega-6. Hal ini karena kedua asam lemak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri di dalam tubuh, sehingga perlu diasup dari makanan. Itulah sebabnya, omega-3 dan omega-6 disebut juga asam lemak esensial (essential fatty acid).

BACA JUGA : “Pertolongan Pertama” Pada Penyakit Sesak Napas

Makanan yang mengandung lemak baik bisa berasal dari hewan (hewani), bisa juga dari tumbuhan (nabati). Selain jenisnya beragam, makanan yang kaya akan lemak baik dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau supermarket.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dapat melindungi jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Lemak ini bekerja dengan cara menjaga kadar kolesterol baik (HDL), sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Adapun Makanan yang mengandung lemak tak jenuh antara lain :

Kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond.

Minyak zaitun.

Selai kacang.

Alpukat.

Lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid)

Lemak baik juga diketahui dapat menurunkan risiko munculnya beberapa jenis kanker, memperlambat demensia atau kepikunan, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, serta membantu perkembangan otak dan mata pada anak-anak. Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik secara rutin.

Jarrakpossulawesi.com/Botski

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close