KesehatanTrending News

“Berhenti Merokok” Adalah Keputusan Berat, Tapi Menyehatkan.

KESEHATAN – JARRAKPOSSULAWESI.COM – Ada banyak cara untuk berhenti merokok. Cara mana yang pasti berhasil untuk satu orang mungkin saja bisa berbeda pada orang lainnya.

Apakah ingin langsung berhenti total atau sedikit-sedikit mengurangi rokok tapi pasti, keduanya sama-sama baik dan efektif. Anda hanya tinggal mencari kira-kira mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan

Bagi sebagian besar orang, berhenti merokok menjadi salah satu keputusan besar dan berat dalam hidup. Pasalnya, merokok memang sangat candu dan sulit dihilangkan.

Bisa karena kesehatan diri sendiri atau keluarga. Sesepele apa pun alasannya, tuliskan secara jelas agar terdokumentasikan dengan baik. Ketika semangat Anda mulai luntur dan godaan datang menyerang, buka kembali catatan Anda sebagai motivasi.

BACA JUGA : Akibat Sering Dibentak “Psikologis Anak” Jadi Terganggu

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tentukan tanggal pastinya sebelum mencari cara efektifnya. Namun sebelum menentukan tanggal, pikirkan matang-matang terlebih dahulu dan cari waktu yang paling tepat.

Setiap kali hasrat untuk kembali merokok sangat kuat, alihkan pikiran ini. Kemudian, coba cari tau siapa saja orang terdekat Anda yang sudah berhasil berhenti merokok. Ceritakan kesulitan ini padanya dan mintalah nasihatnya.

Oleh karena itu, Anda pasti sadar ada waktu-waktu dan pemicu tertentu di mana Anda pasti merokok. Nah tugas Anda sekarang adalah mengantisipasi hal ini.

Biasanya, beberapa faktor yang memicu “ngidam rokok”, yaitu:

Saat minum kopi

Setelah makan

Sedang berkendara

Saat berada dalam tekanan

Minum alkohol

Saat berkumpul bersama teman-teman

Untuk mengatasi berbagai pemicunya, berikut cara yang bisa dilakukan untuk bantu berhenti merokok.

BACA JUGA : “Manfaat Coklat” Bagi Tubuh Dan Cara Memakannya

Oleh karena itu, kuatkan tekad Anda dalam dua minggu pertama agar program ini berhasil. Untuk menunjang keberhasilan, sibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial, berolahraga di pusat kebugaran, bersepeda, atau berkumpul bersama teman. Apa pun kegiatannya, pastikan Anda menikmatinya sehingga keinginan untuk merokok perlahan bisa berkurang.

Tekad kuat seseorang untuk berhenti merokok terkadang bisa runtuh hanya karena berkumpul dengan teman yang merokok. Godaan ini akan sangat nyata dan sulit ditolak meski mungkin Anda sudah melakukan berbagai cara untuk berhenti merokok.

Motivasi terkuat adalah yang datang dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, belajarlah untuk mensugesti diri sendiri dengan berbagai kalimat positif agar Anda tak lagi tergoda untuk kembali merokok.

Stres atau berada di bawah tekanan merupakan salah satu hal yang membuat keinginan untuk merokok muncul kembali. Pasalnya bagi sebagian orang, rokok menjadi pengahalau stres yang cukup ampuh.

Saat stres mulai datang, coba tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Ulangi selama 5 kali atau sampai beban pikiran Anda mulai berkurang.

Anda akan dibuat untuk berada dalam situasi yang sangat santai dan terbuka untuk menerima saran apa pun. Praktisi hipnosis akan membantu memperkuat tekad Anda untuk berhenti merokok dan membuat kesan buruk terhadap rokok.

Jarrakpossulawesi.com/Botski

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close